Membuat Toko Sepatu part 2, Memasang Template admin Dashboard Toko Sepatu Bandung

Sleek Dashboard-Free Bootstrap 4 HTML5 admin dashboard template


Lanjut dari object yang kemarin kita buat kali ini kita akan membuat atau memasang template admin dashboard, kemudian lanjut ke bahan yang diperlukan. 

1. Sleek Template cukup bagus untuk dijadikan template jual beli online sepatu atau dijadikan Toko Sepatu, silahkan download Sleek Template Disini.


lanjut ke langkah-langkah berikut untuk membuat Toko Sepatu Bandung 

  1.  Pertama - tama buatlah controller dashboard di cmd dengan mengetikan
php artisan make:controller Admin/DashboardController 


Maka akan hasil webnya seperti ini :



Keterangan : Kesalahan tersebut diartikan bahwa file pada Admin/DasboardController itu kosong atau tidak ada apa apa.

Belajar dari kesalahan lanjut ketahap berikutnya mari kita isi halaman DashboardController.php tersebut.



setelah kita isi DashboardControllernya maka akan hasil seperti ini pada halaman admin dashboard tersebut.


Keterangan: tulisan itu muncul dikarenakan pada index.blade.php terdapat tulisan hanya <h3>dashboard</h3>, maaf sebelumnya dikarenakan photo tersebut hilang untuk mengedit index.blade.php terletak pada TokoSepatuBandung->resources->admin->dashboard. Buat file index.blade.php kemudian isikan sebuah tulisan untuk menghasilkan output apakah program tersebut error atau tidak.

lanjut dengan mengganti nama dashboard dengan Page Dashboard Madani, kehalaman index.blade.php kemudian ketikan tersebut maka hasilnya akan seperti ini : 

 
dan hasilnya : 



dilanjut ketahap berikutnya kita ganti halaman index.blade.php tersebut dengan extends atau pertambahan dari admin.layout seperti berikut kodingannya : 


sehingga ketika kita mengakses websitenya kembali akan menghasilkan output error seperti berikut :


Keterangan : alasan error dikarenakan kodingan yang terletak pada admin.layout kosong atau tidak ada sehingga kita harus ketikan kodenya seperti berikut : 



keterangan : terdapat @yield('content') tersebut untuk memanggil atau mengakses bahwa itu kode untuk mengisi content, untuk meletakannya bisa kalian letakan atau simpan file seperti disini.



lanjut dengan hasil webnya akan menjadi seperti ini :
terdapat 3 yaitu Header, Page Dashboard dan Footer,  untuk garis tersebut karena terdapat kode <hr> antara header,pagedashboard, dan footer. 

lanjut dengan memasukan template pada Toko Sepatu Bandung 
  1. Setelah kalian download template tersebut silahkan extract file yang sudah didownload tersebut kemudian copy file assets nya saja.
  2. Kemudian buat folder baru pada public dengan nama folder admin, silahkan pastekan file yang sudah di copy tersebut seperti gambar dibawah ini.




        3. Setelah kalian copykan silahkan ganti file layout.blade.php tersebut yang terdapat pada resources->views->admin, jika blm ada silahkan buat dan pastikan huruf tersebut sama karena dapat mempengaruhi kemudian copykan index html yang sudah diextract tadi terdapat pada dis->index.html  dan pastekan kode tersebut ke layout.blade.php seperti ini : 


kemudian gantikan pada link herf asset dengan menambahkan kodingan " {{ URL::asset('admin/....... dan ditutupi oleh ....') }} " tanpa tanda petik. maksudnya agar saat kita mengaksesnya berada pada lokasi localhost seperti gambar dibawah ini .


 kemudian hasilnya akan seperti ini : 


Setelah pemasangan template dilanjut dengan pemisahan header,sidebar dan footer pada layout.blade.php agar header content dan footer dapat berdiri sendiri seperti berikut :

 
dan tambahkan @yield('content') pada content wrapper : ini bermaksud untuk menampilkan content sehingga isi content tersebut adalah Page Dashboard Madani, dan tambahkan untuk setiap header, sidebar dan content menjadi @include('admin.partials.header'),  @include('admin.partials.sidebar'), @include('admin.partials.footer') seperti diphoto tersebut.



 dan simpan pada buat folder baru bernama partials, sehingga penyimpanan tersebut berubah menjadi resources->views->admin->partials simpan dengan nama masing masing folder sidebar.blade.php, kemudian header.blade.php, kemudian footer.blade.php


Sehingga hasilnya akan sama saja tetapi dapat berdiri sendiri dan jika kalau ada masalah tiap header hanya pada folder header.blade.php dan tidak dapat mengganggu  yang lain.

Part 2 dari Membuat Toko Sepatu cukup sekian dilanjut dengan part 3 yaitu membuat manajemen kategori. jika ada yang tidak mengerti dapat berkomentar pada kolom komentar terimakasih sebelumnya.

MadaniGeusanrumaksa

Belum ada Komentar untuk "Membuat Toko Sepatu part 2, Memasang Template admin Dashboard Toko Sepatu Bandung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel